Translate

Sabtu, 23 April 2016

"Teh Celup Lele", Ramuan ajaib peternak Lele Sangkuriang - AndreBisa

Pernah menedengar istilah Teh Celup Lele? well ini kedengarannya aneh, kalau ada yang berfikir Teh Celup Lele adalah sejenis sejenis makanan, itu salah besar. Teh Celup Lele sebenarnya tidak ada kaitannya dengan makanan, namun Teh Celup Lele sangat berkaitan dengan management air. seperti diketahui bersama, bahwa sebelum memulai menabur benih, terlebih dahulu air harus di pupuk sedemikian rupa supaya "Matang". Matang dalam pengertian kondisi air sudah dalam kondisi PH yang cukup, jumlah plankton cukup, intinya kondisi air sudah siap untuk ditanami.
 
Lalu apa hubungannya antara management air dengan Teh Celup Lele? Teh Celup Lele adalah pupuk kandang yang dimasukan kedalam karung kemudian di ikat bagian atasnya. nah karung yang sudah diisi pupuk ini kemudian di "celupkan" kedalam kolam. dan bagian atas yang diikat di gantungkan ke pinggiran kolam sehingga mirip dengan Teh Celup. berikut contoh teh Teh Celup Lele.
 
Komposisi yang tepat untuk membuat Teh Celup Lele menurut pengalaman saya adalah 1,5 - 3 kg, per meter persegi. jadi jika membuat kolam dengan ukurang 2x5m, maka diperlukan 15-30kg pupuk kandang. Bisa kotoran ayam atau kotoran kambing/domba. Usahakan jangan menggunakan kotoran sapi. Jika kolam Cukup luas, maka buat jadi beberapa kantong teh celup lele.

Bila diperlukan silahkan tambahkan ramuan Herbal kedalamnya bersamaan pada saat memasukan kohe. cek disini untuk cara membuat herbal: Tips - Cara gampang dan murah membuat Ramuan Herbal untuk Kolam Lele

Keunggulan metode ini untuk mematangkan air adalah kolam tetap bersih, bebas sampah, tanah, lumpur, mempermudah pengelolaan kolam dan masih banyak lagi. Selain itu kondisi air juga lebih jernih jika dibanding dengan memasukan pupuk kandang langsung kedalam kolam. 


Oke mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini

Salam Patilers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar